Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tren Digital Marketing Bagi Pemilik Usaha Kecil Juga Tak Mau Ketinggalan

10 Tren Digital Marketing Bagi Pemilik Usaha Kecil Juga Tak Mau Ketinggalan
Tren digital marketing saat ini terus berkembang dengan sangat cepat. Dan sekarang telah memasuki fase baru dengan peningkatan penekanan pada personalisasi, mulus, dan otomatisasi.

Banyak bisnis kecil yang cerdas memanfaatkan teknologi baru untuk menjangkau pelanggan kapan dan di mana mereka ingin lakukan, mereka menggunakan strategi dengan cara membuat para customer merasa nyaman dengan produk yang ditawarkan. Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan pemasaran Anda untuk menemukan keunggulan, Anda tidak ingin melewatkan 10 tren pemasaran digital ini.

1.AI untuk Digital Marketing

Beberapa alat baru-baru ini hadir sebuah alat yang memungkinkan untuk menemukan tren data dalam jumlah besar yang kemudian dapat Anda ubah menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Dari Pardot by Salesforce ke Marketo by Adobe ke LOCALiQ, beberapa solusi memungkinkan Anda memanfaatkan daya komputasi yang luar biasa untuk meningkatkan pemasaran Anda.

Satu hal penting yang perlu disadari di sini adalah bahwa AI tidak selalu membuat keputusan untuk Anda. Sebaliknya, ini membandingkan tren dalam data yang digunakan untuk membuat rekomendasi yang dulu memakan waktu berbulan-bulan (atau lebih lama) untuk mencari tahu hal-hal seperti apakah strategi iklan tertentu berfungsi atau tidak, atau ketika waktu yang baik untuk menjangkau prospek potensial.

AI mempercepat proses dan menghemat uang Anda dengan cara membantu Anda melihat lebih jauh mengenai strategi pemasaran yang akan anda lakukan sehingga anda tidak akan terjebak di strategi pemasaran yang salah. Yang paling penting adalah belajar seiring berjalannya waktu, semakin anda lebih cepat belajar maka hasilnya juga kan baik, jadi memulai lebih awal adalah kunci kesuksesan.

2. Pemasaran WiFi

Hal ini sudah menjadibtren bahwa WiFi gratis adalah bagian dari pengalaman pelanggan. Jangan berfikir bahwa memasang wifi gratis merupakan keuntungan hanya untuk pelanggan, namun dengan adanya fasilitas wifi maka para pelanggan menjadi nyaman.

Jadi bagaimana Anda memastikan bahwa bisnis Anda mendapat manfaat dari Wifi marketing? Pemasaran WiFi memberi Anda kesempatan tidak hanya untuk memuaskan kebutuhan,namun dengan adanya wifi maka pelanggan menjadi setia untuk pergi ke tempat usahamu.

Pemasaran cerdas bukan hanya tentang mengumpulkan informasi, atau melompat pada tren pemasaran digital terbaru, namun juga memahami bagaimana informasi itu sangat berharga. Dengan pemasaran WiFi, Anda memanfaatkan WiFi gratis Anda untuk mengumpulkan informasi dan membuat penawaran kepada pelanggan yang terhubung ke jaringan Anda. Keindahan di sini adalah bahwa Anda sudah tahu bahwa audiens Anda telah mengunjungi lokasi fisik Anda, jadi bahkan jika mereka tidak membeli apa pun, mereka sudah mengambil lebih banyak langkah daripada siapa pun yang Anda targetkan di Facebook, Google, atau arena iklan khas lainnya.

Jika Anda mempunyai sistem yang tepat, Anda bahkan dapat melacak berapa kali mereka mengunjungi, berapa lama mereka tinggal, dan lebih banyak lagi informasi yang akan anda dapatkan.

3. Pemasaran Agile

Kerangka Kerja Agile telah merevolusi cara tim perangkat lunak bekerja sama untuk memberikan produk terbaik ke pasar. Agile Manifesto, yang diterbitkan pada tahun 2001, datang sebagai tanggapan terhadap lingkungan pengembangan yang sangat top-down, di mana setiap proyek dispekulasikan dalam detail granular dan kemudian dikembangkan oleh beberapa tim, beroperasi secara paralel namun tidak pernah memberikan produk yang bekerja sampai semuanya bersatu.

Ada banyak masalah dengan pendekatan ini, dari menyatukan pekerjaan dari unit yang berbeda dengan filosofi desain yang berbeda untuk membangun produk tanpa memahami bagaimana atau mengapa pelanggan akan menggunakannya. Sebagai tanggapan, Agile Programming berfokus pada iterasi cepat, mengembangkan perangkat lunak dengan membangun bagian kecil yang dapat digunakan yang dapat diuji dengan audiens target untuk melihat apakah itu bekerja seperti yang dimaksudkan atau tidak.

Pemasaran tangkas menyesuaikan prinsip-prinsip ini untuk pemasaran dengan cara yang dapat Anda terapkan pada bisnis kecil Anda. Idenya di sini adalah untuk fokus pada proyek pemasaran bernilai tinggi yang paling masuk akal untuk diselesaikan dan mencobanya dengan mata menuju iterasi.

Alih-alih berfokus pada menarik kampanye iklan besar, fokus pada memecahnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dan dapat ditin bertindak. Pada setiap tahap implementasi Anda, lihat apakah itu benar-benar berfungsi atau tidak, dan sesuaikan. Jika Anda tidak dapat menjangkau audiens target dalam kampanye email Anda, Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk mengerjakan ulang pesan Anda sebelum Anda pergi lebih banyak ke media sosial.

4. Personalisasi

Perangkat seluler selalu mengingat preferensi pengunjung dalam banyak hal seperti siapa yang mereka ikuti di media sosial, alamat rumah mereka, tempat-tempat di mana mereka biasanya pergi, dan banyak lagi.


Kuncinya di sini adalah fokus pada personalisasi. Itu berarti melihat dari dekat bukan hanya bagaimana pelanggan Anda datang ke situs web Anda tetapi data lain yang mereka tinggalkan dan bangun oleh mereka juga.

5. Media Sosial Marketing yang Lebih Cerdas

Suka atau tidak, pemasaran media sosial adalah komponen kunci dari sebagian besar strategi pemasaran bisnis kecil, tren pemasaran digital yang penting, dan mungkin, cara termudah untuk menjangkau pelanggan Anda. Masalahnya adalah bahwa ada begitu banyak saluran yang berbeda di mana Anda dapat mencapainya, dan seringkali tidak jelas mana cara yang paling efektif untuk menemukannya. Jika Anda belum melakukannya, pastikan Anda telah menghabiskan waktu melalui latihan menganalisa pelanggan untuk mendapatkan gambaran tentang siapa yang Anda targetkan dan mengapa anda menargetkannya.

Tergantung pada rentang usia apa yang Anda fokuskan, Anda harus berinvestasi di berbagai platform media sosial. Facebook cenderung condong lebih tua, sementara Instagram adalah kerumunan yang lebih muda, dan Twitter diantara kedua platform tersebut. Pastikan Anda tahu di mana audiens Anda berkumpul, dan kemudian menginvestasikan waktu dan uang untuk menjangkau mereka di mana mereka sudah berkumpul.

6. Sosial Media Story

Salah satu tren terbesar di media sosial adalah penekanan pada cerita di media sosial, daripada memposting secara individu. Bisnis cerdas mengambil keuntungan, menggunakan sosial media story sebagai cara untuk memberikan akses di balik layar ke audiens yang tertarik dan mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan penggemar mereka. Meskipun story kurang permanen daripada jenis postingan lainnya, mereka mempunyai elemen waktu yang bila seseorang melewatkannya akan merasa menyesal.

7. Iklan Layanan Lokal

Salah satu tren pemasaran digital terbesar saat ini adalah dorongan untuk menjadi lebih berorientasi pada lokal. Jika Anda adalah bisnis kecil yang menawarkan layanan apa yang pelanggan butuhkan pada waktu itu, misal jasa service komputer atau laptop maka pelanggan mau tidak mau akan menggunakan jas anda.

Google telah memperkenalkan Layanan Lokal untuk membantu bisnis terhubung dengan pelanggan yang membutuhkannya, diposisikan di atas dan di atas iklan berbayar. Jika Anda tidak cocok untuk orang yang mencari, Google tidak akan mengenakan biaya dan sebaliknya akan menghubungkan mereka dengan seseorang yang lebih tepat.

Ada banyak cara untuk mengelola Profil Layanan Lokal Anda, tetapi kuncinya di sini adalah memastikan Anda melalui proses Google dan bahwa Anda memiliki ulasan untuk membantu mendorong pelanggan ke bisnis Anda. Itu berarti mengejar strategi yang memprioritaskan mendapatkan sebuah ulasan.

Bagi banyak bisnis, menawarkan semacam kesepakatan untuk menyelesaikan ulasan dapat membantu membangun kredibilitas online. Namun berhati-hatilah karena mengharuskan pelanggan untuk memberi Anda peringkat tertentu, hal ini seringkali merupakan pelanggaran terhadap persyaratan layanan situs ulasan google.

8. Pengoptimalan untuk Pencarian Suara

Ketika asisten rumah tangga virtual seperti Alexa, Google Home, dan Siri tumbuh dalam popularitas, masuk akal bahwa semakin banyak pencarian yang dilakukan melalui suara. Tapi apa artinya itu bagi bisnis kecilmu?

Hal terbesar dari penelitian terbaru adalah bahwa pencarian suara bergantung pada Natural Language Processing (NLP), yang pada dasarnya berarti bahwa ia mencari berdasarkan cara kita berbicara. Itu berarti Anda perlu khawatir tentang string yang lebih panjang daripada yang biasanya diumpankan ke mesin pencari. Kabar baiknya adalah Bahwa Anda dapat mendominasi pasar pencarian suara dengan mengintai string yang lebih panjang daripada SEO.

Komponen lain dari pencarian suara yang perlu diketahui bisnis kecil adalah bahwa pencarian lokal adalah kuncinya. Banyak pencarian berakhir dengan "di dekat saya," dan itu mengarah ke lebih banyak kunjungan di toko. Ketika Anda melihat strategi kata kunci Anda, pastikan Anda memasukkan kata-kata yang menggambarkan lingkungan dan wilayah Anda.

9. Konten Berkualitas

Konten Marketing dapat melakukan banyak hal untuk bisnis kecil Anda, namun dorongan untuk mengembangkan sesuatu hal yang baru dan menarik terus-menerus dapat membuat Anda begitu sibuk dengan apa yang berikutnya harus anda lakukan, sehingga Anda tidak fokus pada apa yang penting bagi bisnis Anda saat ini. Sangat mudah untuk tertangkap pada "treadmill konten" di mana Anda menghabiskan begitu banyak energi pada jadwal penerbitan Anda sehingga Anda tidak fokus pada gambaran yang lebih menjelaskan bisnis anda.

Hal yang penting di sini adalah memastikan Anda melakukan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk jangka panjang, dan bukan sesuatu yang mengambil alih hidup Anda. Jika sesuatu terasa seperti tugas bagi Anda, bayangkan bagaimana hal itu akan terjadi pada audiens Anda!

10. IoT yang Memadukan Digital dan Fisik

Anda sering mendengar pembicaraan mengenai Internet of Things (IoT), tetapi apa artinya itu sebenarnya bagi bisnis Anda, dan bagaimana itu masih dianggap sebagai tren pemasaran digital? Jawabannya adalah bahwa itu tergantung pada industri tempat Anda berada, dan apakah apa yang Anda lakukan dapat menggunakan berbagai metode pelacakan digital atau tidak.

Salah satu cara terbesar yang  diharapkan adalah dengan mempengaruhi bisnis kecil melalui penggunaan suara sensor nirkabel lokal yang dapat mengetahui kapan pelanggan berada di lokasi tertentu dari bisnis Anda merespons dan sesuai. Misalnya, jika Anda adalah hotel, Anda dapat mengatur pengumuman untuk menawarkan tamu Anda diskon pada pijat ketika mereka berjalan di dekat spa, atau diskon untuk makan ketika mereka berada di dekat restoran Anda. Ada banyak cara berbeda untuk memanfaatkan teknologi ini untuk keuntungan Anda, jadi mulailah berpikir tentang bagaimana bisnis Anda dapat memperoleh manfaat dari memadukan fisik dengan digital.


Apa yang Dapat Anda Lakukan Sekarang?


Pahami tren pemasaran digital hal mana yang harus difokuskan untuk mendapatkan peluang terbanyak untuk bisnis Anda. Dari strategi pemasaran WiFi Anda hingga taktik yang dapat Anda terapkan di toko, berikut adalah tren paling penting yang perlu Anda cermati.

  • Manfaatkan AI untuk mengidentifikasi pola dalam data Anda.
  • Gunakan pemasaran WiFi untuk membuat penawaran kepada pelanggan konversi tinggi.
  • Belajar lebih cerdas tentang pemasaran media sosial.
  • Optimalkan untuk pencarian suara.
  • Berinvestasi dalam konten berkualitas daripada berfokus pada kuantitas.
  • Pertimbangkan pengumuman IoT untuk melibatkan pelanggan Anda.

Posting Komentar untuk "10 Tren Digital Marketing Bagi Pemilik Usaha Kecil Juga Tak Mau Ketinggalan"