Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Internet Marketing yang Dapat Anda Pelajari dan Kembangkan

Internet Marketing
Internet marketing saat ini memang hampir setiap orang mengetahuinya. Karena internet marketing merupakan hal yang wajib dikuasai yang oleh Anda atau para pengembang bisnis lainnya jika ingin memanfaatkan jaringan internet untuk mengembangkan sebuah usah. 

Pada artikel ini kita akan membahas sedikit mengenai Internet marketing. Jadi apa yang dimaksut dengan internet marketing?

Internet marketing adalah suatu proses mempromosikan suatu bisnis yang berupa barang maupun jasa lewat jaringan internet. Di dalam internet marketing terdapat banyak sekali platform untuk dapat mengembangkan suatu usaha atau bisnis. Contoh platform yang dapat membantu anda untuk mempromosikan barang dan jasa yang anda miliki adalah media sosial, marketplace, atau website. 

Terdapat banyak jenis internet marketing. Dibawah beberapa contoh internet marketing yang dapat Anda coba:

1. Tampilan Iklan

Tampilan iklan adalah salah satu cara efektif yang terbilang yang ampuh sebagai media primosi produk Anda miliki. Cara kerja dari beriklan ini adalah produk barang maupun jasa yang Anda miliki akan dipasang di sebuah website orang lain yang telah mempunyai banyak pengunjung per harinya. Tujuannya adalah untuk mengarahkan pengunjung atau konsumen website menuju ke perusahaan Anda.

Metode memasang iklan ini bisa dengan iklan yang berupa banner ataupun dengan sebuah artikel review. Namun sebelum Anda mempromosikan produk Anda harus mempunyai  website sendiri terlebih dahulu. Cara untuk membuat website sendiri pun cukup mudah. Anda tinggal memilih domain dan membelinya disitus penyedia layanan domain dan hosting. Kemudian Anda tinggal memilih untuk membuat website lewat blogger atau wordpress tergantung selera Anda masing-masing. Setelah Anda selesai membuat website barulah anda mempromosikan produk anda lewat website tersebut.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Istilah SEM atau Search Engine Marketing mungkin sudah terdengar familiar dalam dunia internet marketing. SEM ini sebenarnya hampir mirip dengan SEO (Search Engine Optimization), namun cakupan dari SEM lebih luas. Jika SEO berfokus pada pengoptimalan mesin pencari google saja, lain halnya dengan SEM, di SEM tidak melulu menuntut untuk memperbaiki ranking di mata mesin pencari (SERPs) Google, namun juga melakukan berbagai promosi iklan seperti pada Google Adword. Tujuan dari dilakukannya SEM tidak lain untuk meningkatkan kunjungan ke situs Anda agar para konsumen tertarik pada produk yang anda tawarkan.

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah cara yang dilakukan agar suatu website  mendapat peringkat yang baik di mata google, sehingga akan mendatangkan lalu lintas pada website. Dengan adanya SEO maka eebsite yang Anda miliki akan muncul di halaman 1 Google. Tujuan utama dari optimasi SEO ini tidak lain untuk menargetkan sebuah website baik homepage, blog atau product agar tampil di halaman pertama. 

Ada banyak sekali cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengoptimasi website seperti onpage, riset kata kunci, konten website yang berkualitas, backlink.  Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda mempunyai website lebih dulu.

4. Social Media Marketing

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan media sosial sangatlah pesat. Jika Anda saat ini mempunyai media sosial layaknya Facebook, Instagram, atau Twitter anda dapat memanfatkannya. Dengan adanya media sosial tersebut akan sangat membantu anda untuk memromosikan sebuah produk. Bahkan saat ini media adalah cara paling ampuh untuk menjangkau para konsumen. Untul bisabmendapatkan konsumen dengan mudah, Anda hanya perlu mengikuti berbagai grup yang disediakan oleh platform media sosial masing-masing. Jika Anda belum memiliki salah satu media sosial tersebut maka segeralah untuk mendaftar. Buatlah akun jual beli Anda sendiri, kemudian mulai memposting sebuah produk dan sebarkan ke grup-grup yang menurut anda potensial.

5. Reseller atau Dropshipper

Kika anda adalah tipe orang yang senang berjualan namun tidak ingin atau tidak bisa memproduksi suatu barang ataupun jasa maka Reseller atau dropshipper menjadi pilihan rasional bagi mereka yang tidak mempunyai modal yang cukup besar. Syarat utama menjadi seorang Reseller atau Dropshipper adalah mereka harus dapat bekerja sama dengan suatu produsen atau distributor untuk bisa mendapatkan suatu produk dengan harga yang lebih murah. Kemudian jika sudah mempunyai barang yang bisa dijual kembali mereka bisa menawarkannya ke customer melaluo jaringan internet atau media sosial.

Di negara Indonesia sendiri marketplace adalah media yang sangat dosukai oleh para reseller/drop shipper untuk mempromosikan atau menawarkan produk mereka. Alasan utamanya adalah karena disana tanpa biaya alias gratis. Nah, setelah mendapatkan konsumen yang mau membeli, pada saat itu anda baru menghubungi orang yang menjual barang untuk bisa mengirim barang kepada customer.

Itulahlah tadi beberapa jenis internet marketing yang dapat Anda pelajari dan kembangkan. Sebenarnaya banyak sekali cara internet marketing yang dapat Anda manfaatkan. Internet mempunyai banyak peluang yang sangat besar bagi Anda mendapatkan penghasilan yang lebih.


Posting Komentar untuk "Strategi Internet Marketing yang Dapat Anda Pelajari dan Kembangkan"